1. Pemilihan mur dan baut
Perhatikan tonjolan (cones) dari mur atau baut. Jika tak sesuai (ngeplak) sama velg, maka itu pasti bikin lubang velg tergerus. “Bisa juga karena titik ‘gigit’ antara tonjolan dan velg cuma sedikit dan tidak merata,” bilang Felix dari gerai velg Revolution, Radio Dalam, Jakarta Selatan.
2. Derat/ulir
Derat harus sesuai dengan lubang di teromol. Kalau derat di baut terlampau besar (kasar) dan dipaksakan, maka hal itu akan membuat ulir di lubang teromol termakan (rusak). Jika sudah terpasang, maka baut susah dibuka.
3. Gemuk
Jika baut roda sudah berkarat, maka hal itu bisa mengakibatkan baut susah dibuka atau seret. Sebaiknya, sebelum dipasang, olesi baut dengan gemuk. Namun, jangan terlalu banyak karena baut bisa tidak masuk dengan sempurna.
4. Mengencangkan berlebihan
Disarankan, jangan mengencangkan baut atau mur berlebihan karena bisa bikin ulir pengunci roda itu rusak. Lebih parah, jika kualitas baut atau mur tidak bagus. Ini bisa mengakibatkan baut menjadi mulur.
5. Kencangkan menyilang
Setiap roda mobil umumnya ada yang “diikat” dengan 4 atau 5 baut. Malah, sebagian jenis SUV menggunakan 6 baut. Kita ambil contoh yang 4 baut. Pengencangannya dilakukan secara menyilang (huruf X) agar kekuatan merata di setiap baut. Kalau terdiri dari 5 baut, maka lakukan pemasangan baut menyilang menyerupai bintang. Disarankan, setiap pemasangan baut jangan langsung dikencangkan. Pasang dulu semuanya, baru lakukan pengencangan menyilang.
Material ini diyakini lebih kuat dari bahan lainnya. “Sangat efektif untuk baut pengikat sylinder head atau kruk as. Karena lebih tahan panas mesin dan tidak memuai,” papar Audi Wastro, pemilik bengkel Champ Motorsport di daerah Cipinang Muara, Jaktim.
Bahan pembuat baut dan mur lainnya yaitu besi biasa, yang tampilannya secara kasat mata terlihat mengilap seperti krom. Menurut Dani, pedagang baut dan mur dari kios Jaya Pratama di Glogok Jaya, Jakbar, material dari besi banyak yang mendapat sentuhan akhir dari produsennya. Lama kelamaan, baut yang terbuat dari bahan ini terlihat memudar dan karatan.
“Kalau yang warnanya terlihat agak kekuning-kuningan, bukan berarti material pembuatnya dari bahan kuningan. Itu cuma hasil sepuhan, termasuk yang warnanya agak krom,” papar pria yang juga buka kios serupa di daerah Cipondoh, Tangerang itu.
Kekuatan material dari baja memang lebih kuat ketimbang besi. Pasalnya proses pembikinan melalui tahap pengecoran, dalam kondisi baja masih cair kemudian langsung didinginkan sehingga tak menimbulkan rongga di dalam. Karena tahan terhadap panas mesin, baut jenis ini lebih tahan pemuaian dan tidak melenting.
Sementara untuk bentuk ulir, yang umum dipakai untuk keperluan mobil, adalah ukuran 1,25 atau 1,5. Pada beberapa baut, ukuran ini terdapat pada bagian kepala. Artinya antara tiap ulir memiliki jeda 1,25 mm atau 1,5 mm. Daya rekat ulir yang lebih renggang atau kasar akan lebih kuat daripada yang ulir halus.
Baut Biasa
Bentuk kepalanya bermacam-macam. Umum dijumpai berbentuk segi enam biasa, jenis lain menggunakan topi di kepala baut, ada juga yang menggunakan obeng min atau kembang untuk aplikasinya. Beragam perbedaan ini tergantung penempatannya. Karena terbuat dari besi biasa, untuk jangka waktu lama, baut ini harus diperiksa.
Baut Bumper
Otomatis material harus terbuat dari stainless agar daya tahannya lama. Di bagian leher, terdapat segi empat yang berfungsi sebagai pengunci. Jadi bagian mur yang berfungsi untuk mengencangkannya. Harganya mulai Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu. Dibuat seperti ini karena saat pemasangan hanya 1 sisi yang mampu dijangkau oleh kunci.
Baut Flange
Biasa digunakan untuk mengikat di beragam bagian, mulai dari komponen mesin hingga bodi agar lebih kuat, namun tetap terlihat rapi. Harga yang ditawarkan tergantung material pembuatnya dan ukuran.
Baut L
Menggunakan baja sebagai bahan dasar, daya tahannya menjadi pertimbangan utama karena lebih tahan serangan karat. Sesuai namanya, menggunakan baut jenis ini harus menggunakan kunci L. Keuntungan lain memakai kunci L, mencegah tangan jahil yang berkeliaran.
Mur dan Baut Roda