Related Post

Senin, 28 Oktober 2013

Bermacam-macam Baut

WING BOLT

























MUR DAN BAUT 
Adalah sistem sambungan yang dapat dibuka tanpa merusak bagian yang disambung dan alat penyambungnya sendiri.
Contohnya sambungan pada konstruksi konstruksi dan alat alat mesin.
Bagian terpenting dari mur dan baut adalah ulir.
Yaitu drat yang diputar disekeliling silinder dengan sudut kemiringan tertentu. Dalam pemakaiannya ulir selalu bekerja berpasangan antara ulir luar dan ulir dalam.


Ditinjau dari segi penggunaannya baut ada 3 jenis:
1. Baut penjepit: Ada baut tanam (contoh: manipul, baut yang memiliki drat atas dan bawahnya, socket set , baut kunci L yang tidak memiliki kepala),  baut tembus dan baut tap Contoh: skrup (biasanya baut ini memiliki ulir lebih kasar dan tajam, dalam penggunaannya tidak dilengkapi dengan mur)
2. baut untuk pemakaian khusus (contoh: baut pondasi, baut penahan, baut mata/kait, baut T, baut kereta, baut U, dll)


Tampilan luar baut dan mur mewakili material pembuatnya. Lebih detail bisa dilihat dari warnanya. Umumnya yang dijajakan di pasaran, berwarna gelap atau kelabu agak kehitaman, yang menggunakan material baja hitam. Material ini diyakini lebih kuat dari bahan lainnya. Sangat efektif untuk baut pengikat sylinder head atau kruk as. Karena lebih tahan panas mesin dan tidak memuai. Kekuatan material dari baja memang lebih kuat ketimbang besi. Pasalnya proses pembikinan melalui tahap pengecoran, dalam kondisi baja masih cair kemudian langsung didinginkan sehingga tak menimbulkan rongga di dalam.
Karena tahan terhadap panas mesin, baut jenis ini lebih tahan pemuaian dan tidak melenting. Bahan pembuat baut dan mur lainnya yaitu besi biasa. Baut ini paling banyak ditemukan. Harganya murah, berwarna kuning dan sedikit krom. Bentuk kepalanyapun bermacam-macam. Umum dijumpai berbentuk segi enam biasa, jenis lain menggunakan topi di kepala baut, ada juga yang menggunakan obeng min atau kembang untuk aplikasinya. Beragam perbedaan ini tergantung penempatannya tampilannya.
Tapi bahan besi ini lama kelamaan akan pudar warnanya dan berkarat. Material lain pembuat baut dan mur yang kuat dan anti karat tentu saja stainless. Harganya pun terbilang lebih mahal dibandingkan baut berbahan baja, walaupun bentuk dan ukurannya hampir sama.

Ardiansyah Choiri

About Ardiansyah Choiri

kami jaya stainless menjual dan memproduksi berbagai macam pilihan model trolley stainless - besi dengan pilihan model tempat sampah yang semuanya dapat di pesan khusus sesuai permintaan, akmi juga melayani pembuatan berbagai macam Perlengkapan dapur dan kantor lainnya (kitchen equipment, office equipment, hospital equipment dll) .

Subscribe to this Blog via Email :